Selamat datang di Website SMP Negeri 1 Weru Sukoharjo, Sekolah Standar Nasional. VISI : Terwujudnya Lulusan Yang Berprofil Pelajar Pancasila, Cakap Dalam Literasi Dan Numerasi Serta Berwawasan Lingkungan.


08 Juni 2020

Pembelajaran Jarak Jauh di masa Pandemi Covid-19

Dalam upaya menekan penyebaran Covid-19, SMP Negeri 1 Weru Kabupaten Sukoharjo dengan serius menerapkan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) berbasis digital. Sistem PJJ ini diberlakukan sejak Kabupaten Sukoharjo di nyatakan sebagai Kasus Luar Biasa (KLB) Covid-19. Dalam  pelaksanaannya, konsep Pembelajaran Jarak Jauh berbasis digital di SMP Negeri 1 Weru disesuaikan dengan kondisi siswa saat ini, mengingat di kecamatan Weru termasuk salah satu daerah yang mengalami kesuitan dala mendapatkan sinyal Internet.

Kepala SMP Negeri 1 Weru, Sumarno, S.Pd., M.M menyampaikan, dirinya ikut turun langsung dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh dengan melakukan kontrol dalam metode pembelajaran berbasis daring ini. “Untuk menjamin keterlaksanaan PJJ, saya selaku Kepala Sekolah ikut masuk dalam grup belajar, baik di aplikasi Whatsapp (WA) maupun Facebook, sehingga bisa mengontrol langsung pelaksanaan PJJ,” 

Pembelajaran Jarak Jauh dilaksanakan dengan sistem diskusi terarah melalui aplikasi daring yang sudah dibuat oleh Wali Kelas . Khusus untuk kelas 9 yang akan menghadapi ujian sekolah (US), aplikasi daring sudah dibuat oleh guru mata pelajaran. Melalui metode ini, guru menggunakan metode Google class room, atau WA Grup, di mana siswa diajak untuk mengeksplorasi sumber belajar dari situs internet dengan sistem penilaian yang dapat dipantau secara langsung, interaktif, terukur, dan menyenangkan. Beberapa situs yang digunakan antara lain Kahoot, Quizzizz, dan Edmodo.

Dalam pelaksanaannya, pembelajaran jarak jauh berbasis digital untuk jenjang SMP tertuang dalam jadwal yang sudah terarah dengan menanamkan adab saat belajar di rumah, salah satunya memulai kegiatan belajar dengan berdoa terlebih dahulu.

Dalam Pembelajaran Jarak Jauh ini , peserta didik juga diajak untuk mengeksplorasi sumber belajar dari internet sebagai implementasi dari Pembelajaran Mandiri Teratur atau Self Regulated Learning. Sistem pembelajaran ini sudah diterapkan di SMP Negeri 1 Weru dengan membuat tingkatannya sesuai jenjang serta minat dan bakat. Tugas yang diberikan pada peserta didik antara lain membuat video tutorial atau membuat cerita bergambar melalui aplikasi.

Dengan keseriusan yang ditunjukkan para guru dan orang tua dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh berbasis digital, Kepala Sekolah mengaku bangga atas dedikasi para guru serta kerja sama dan komunikasi yang berjalan dengan baik dan lancar. “Saya sangat bangga dengan dedikasi para guru yang menyiapkan secara serius pembelajaran online”.  Sumarno juga melihat peran orang tua sangat besar, khususnya orang tua yang telah mendampingi dan ikut serta melaksanakan pembelajaran jarak jauh berbasis digital.



Sumber : Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar